7 Tips wawancara kerja yang baik – Tahukah Anda, perasaan di 30 detik pertama wawancara bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan Anda. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk merasa nyaman dengan diri sendiri dan merespons selama wawancara.
Wawancara kerja adalah cara untuk mengetahui lebih banyak tentang prospek calon karyawan, apakah Anda sesuai dengan harapan perusahaan atau tidak. Sebagai calon pelamar, Anda perlu mengetahui tips wawancara kerja agar lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian. Cara menjawab pertanyaan saat wawancara, cara berpakaian yang sopan, cara memperkenalkan diri, cara mempersiapkan diri dengan matang.
Berikut 7 Tips Wawancara Kerja yang Baik
Nah, berikut adalah beberapa wawancara kerja yang baik dan hal-hal yang harus diperhatikan agar sukses di perusahaan impian Anda.
-
Berpakaian Sopan dan Pantas untuk Budaya Kantor
Berpakaian sopan dan budaya kantor yang sesuai membuat kesan yang baik. Berpakaian sopan dan sesuai dengan budaya kantor akan membantu Anda merasa nyaman. Jadi, Anda harus memikirkan penampilan Anda saat wawancara.
Nah, Anda harus berpakaian sopan dan sesuai dengan budaya kantor. Jika kantor memiliki budaya anak muda yang sama, cobalah untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu formal dan kaku.
Namun, jika perusahaan yang mengundang Anda untuk wawancara adalah perusahaan tradisional, pastikan Anda terlihat dan profesional.
Ingat, penampilan adalah salah satu hal pertama yang dapat dilihat dan dinilai oleh pewawancara.
-
Cobalah untuk Rileks dan Tenang
Cobalah untuk tetap tenang saat Anda pergi untuk wawancara. Jika Anda khawatir tentang wawancara pertama Anda, atau jika Anda benar-benar menantikan pekerjaan itu, cobalah untuk rileks dan tenang.
Anda juga dapat menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan jantung yang berdebar kencang dan mengalihkan perhatian Anda.
Perhatikan juga apakah tangan Anda berkeringat atau tidak. Jika tangan Anda berkeringat karena stres, usahakan untuk selalu mengeringkannya sebelum gemetar.
Juga, perhatikan saat berjabat tangan dengan penanya, memberinya kepercayaan diri dan keyakinan untuk memutuskan sikap positif.
-
Pelajari Tentang Perusahaan yang Anda Lamar
Cobalah untuk melakukan riset untuk mencari tahu tentang perusahaan. Nah, Anda harus tahu tentang ini sebelum Anda pergi untuk wawancara dengan perusahaan yang menawarkan Anda kesempatan ini.
Anda bisa mencoba memahami posisi perusahaan dalam industri, siapa saja pesaingnya, apa keuntungannya dan bagaimana cara meningkatkan perusahaan.
Ketika perusahaan bertanya apa yang Anda ketahui tentang mereka, cobalah untuk melihat perusahaan secara mendalam sehingga mereka dapat merespons dengan benar.
-
Berlatih Menjawab Pertanyaan Wawancara
Juga, cobalah untuk melatih diri Anda sebelum Anda menghadapi wawancara. Berlatih mungkin tidak selalu membuat jawaban Anda sempurna dalam sebuah wawancara, tetapi itu bisa sangat membantu Anda merasa baik.
Anda bisa mengetahui apa saja pertanyaan wawancara yang paling umum, kemudian berlatih menjawab menggunakan cermin.
Dengan cara ini Anda dapat melihat dan mempersiapkan seberapa baik ekspresi wajah saat Anda berbicara dengan pewawancara. Jadi Anda merasa lebih baik dan pewawancara tidak akan salah paham karena pernyataan Anda.
-
Pastikan Anda Tepat Waktu
Ketika Anda pergi ke sebuah wawancara, cobalah untuk datang setidaknya lima belas menit lebih awal. Datang lebih awal, Anda mencoba membuat komitmen. Di sisi lain, jika Anda tidak cukup tidur, itu mungkin buruk bagi Anda.
Maka untuk memudahkan mencari tempat wawancara, ada baiknya datang ke tempat tersebut satu hari sebelum wawancara dan mengetahui lokasi tepatnya wawancara. Jadi bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana dari rumah.
-
Jelaskan Nilai Jualan Anda Agar Meyakinkan Selama Wawancara
Biarkan pemberi kerja mengetahui nilai jual Anda yang membedakan Anda dari kandidat lain
Teknik wawancara kerja yang tidak mencolok adalah untuk memperjelas poin penjualan. Jadi, pikirkan tiga dari lima hal yang membedakan Anda dari kandidat lain.
Misalnya, ketika Anda melamar menjadi penjual dan Anda mengatakan bahwa Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda benar-benar pandai membujuk pelanggan saya untuk membeli produk Anda.
Tidak hanya itu, dengan bantuan pewawancara, termasuk minat Anda pada pekerjaan, gaji dan keterampilan Anda, siapkan jawaban terbaik ketika pewawancara bertanya mengapa Anda tertarik bekerja di bidang yang Anda lamar.
-
Aktif Selama Wawancara
Kadang-kadang, mereka bahkan mungkin enggan untuk berbicara selama wawancara karena takut melewati batas. Sebenarnya, ada perbedaan besar antara kesopanan dan emosi. Bersikap sopan berarti tidak menyela pembicara.
Seharusnya tidak demikian, Anda harus dapat berkontribusi lebih banyak untuk wawancara. Cara terbaik untuk melakukan wawancara kerja adalah dengan menjalin hubungan yang baik antara Anda dan pewawancara.
Karena, Anda harus ingat bahwa wawancara sama dengan pembicaraan lainnya. Apa yang dapat meyakinkan pewawancara adalah bahwa sesi ini berfokus pada Anda dan kekuatan Anda.
Berkomitmen dan berkontribusi pada wawancara berarti Anda juga perlu mengajukan pertanyaan. Dalam sebuah wawancara, tidak selalu pewawancara yang mengajukan pertanyaan kepada Anda. Sebaiknya Anda lebih antusias mengajukan pertanyaan tentang perusahaan atau pekerjaan yang Anda lakukan. Dengan cara ini perusahaan berpikir Anda sangat tertarik dan ingin bekerja dengan mereka.
Sekian adalah 7 Tips wawancara kerja yang baik dari infokerja untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pewawancara. Jika Anda menggunakan metode di atas, Anda pasti akan mendapatkan pekerjaan yang Anda harapkan. Apakah kamu tidak percaya? Coba buktikan sendiri ya!