3 Cara Mendidik Anak Agar Terbiasa Berkata dan Bertindak Jujur Sejak Dini

1 min read


jpnn.com

Didikan orang tua sejak dini sangat mempengaruhi karakter anak hingga dewasa bahkan tua. Jika orang tua mampu menanamkan nilai-nilai kehidupan sejak kecil pasti anak akan terbiasa hingga dewasa.

Ketika orang tua menerapkan kedisiplinan dari kecil, menumbuhkan rasa empati, menumbuhkan rasa berbagi sangat penting bagi anak-anak. Dengan seperti ini ia akan terlahir berkata dan bertindak jujur dari kecil.

Ternyata banyak faktor dan ada banyak alasan kenapa anak berkata bohong, hal ini memang wajar terjadi selama masa pertumbuhan juga perkembangan anak. Akan tetapi bukan berarti membiarkan anak berkata tidak jujur.

Orang tua harus mendidiknya dengan tepat agar tidak menjadikan berbohong kebiasaan buruk yang akan terus melekat hingga dewasa.

1. Mulai Dari Diri Sendiri
Anak itu cenderung melihat dari pada mendengarkan, apalagi anak tidak jauh dari orang tuanya. Jika orang tuanya memiliki kebiasaan buruk berbohong maka tak jarang akan menjadi orang yang berbohong juga. Karena anak sangat mencerminkan orang tua.

2. Jelaskan Antara Kebohongan dan kejujuran
Terkadang anak belum paham secara betul apa yang dimaksud dengan berkata jujur. Agar anak tahu orang tua perlu menjelaskan perbedaan antara kejujuran dan kebohongan.

Loker Terbaru :   Ini 5 Manfaat Punya Pasangan Terlalu Sensitif

Serta beri tahu anak bahwa berbohong adalah prilaku buruk yang tidak boleh dilakukan.

3. Tegur Dengan Bahasa yang Halus
Ketika anak melakukan kesalahan langkah lebih baik orang tua menegur dengan cara yang baik dan halus. Untuk menghindari masalah, untuk menghindari anak emosi dan marah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *