Langkah langkah menulis surat – Memahami cara menulis surat yang baik adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat diterapkan ke berbagai bidang, termasuk bisnis, akademik, dan hubungan pribadi.
Seperti yang sudah Anda ketahui, surat adalah sarana untuk menyampaikan informasi, menjadi sukarelawan, atau sekadar mengomunikasikan cinta pengirim kepada penerima.
Surat memiliki arti sebagai alat komunikasi. Pengirim surat pasti bermaksud untuk mengirimkan surat kepada penerima surat. Surat datang dalam berbagai bentuk dan jenis tergantung kebutuhan penerimanya. Untuk mempelajari cara menulis surat yang baik dan benar, coba baca artikel ini.
Jenis Surat
Secara umum surat dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu; Surat Resmi, Surat Pribadi, Surat Dinas, Surat Niaga dan Lamaran Kerja. Masing-masing memiliki arti dan karakteristik yang berbeda. Berikut adalah uraian tentang jenis-jenis huruf yang umum digunakan dan harus diketahui.
-
Surat Resmi
Surat standar digunakan untuk tujuan formal atau resmi. Penulis dapat berasal dari sejumlah entitas, individu, lembaga, organisasi atau instansi.
-
Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat untuk keluarga, teman, atau kenalan yang memiliki masalah. Oleh karena itu, surat pribadi sering disebut sebagai surat perseorangan. Surat pribadi dapat mencakup masalah keluarga atau masalah pribadi di dalam agensi.
-
Surat Dinas
Surat dinas adalah jenis surat yang berhubungan dengan urusan kedinasan atau penyelenggaraan pemerintahan. Surat ini hanya disiapkan oleh instansi pemerintah dan akan dikirimkan kepada semua pihak yang terkait dengan instansi tersebut.
-
Surat Niaga
Surat ini untuk tujuan bisnis atau komersial. Jenis surat ini ditangani oleh badan yang menyelenggarakan usaha, seperti industri, koperasi, dan perusahaan umum. Termasuk surat bisnis seperti surat pesanan, faktur, faktur, diskon dan promosi.
-
Surat Lamaran Kerja
Jenis surat selanjutnya adalah surat lamaran kerja. Surat ini dari seseorang yang ingin bekerja di perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja ini biasanya bersifat formal atau resmi.
Langkah Langkah Menulis Surat
Sebelum menulis surat, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis surat yang berfungsi kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Langkah langkah menulis surat dinas
Langkah-langkah menulis surat dinas antara lain:
- Rencanakan dan tulis surat dengan cermat
- Menentukan masalah atau tujuan surat yang akan disajikan.
- Menentukan pohon yang akan disiapkan sesuai dengan masalah yang disajikan.
- Gunakan bahan atau data untuk mendukung gagasan surat.
- Putuskan kepada siapa surat itu akan dikirim.
- Tentukan siapa pengirim surat itu (jika surat ini ditulis atas nama lembaga).
- Gunakan struktur ejaan secukupnya untuk mengisi: kepala surat, nomor, lampiran, surat, tanggal surat, alamat tujuan surat, salam, bagian surat, salam penutup, tanda tangan kurir dan nama, fotokopi stempel lembaga, dan inisial huruf.
- Diskusikan pertanyaan utama dalam surat satu per satu, menggunakan bahasa yang jelas dan tidak ambigu.
Langkah langkah menulis surat pribadi
Berikut langkah langkah menulis surat pribadi:
- Tuliskan tempat dan tanggal surat ditulis (Contoh Surabaya, 21 April 2021).
- Tulis tujuan surat itu (misalnya, Lis teman dekat saya di Jakarta).
- Tulislah salam pembuka.
- Menulis isi surat (menuliskan informasi atau hal-hal kepada penerima surat).
- Tulis salam penutup (misalnya, ucapkan selamat tinggal).
- Tuliskan identitas pengirim (nama dan tanda tangan pengirim).
Langkah langkah menulis surat lamaran kerja
Berikut langkah langkah menulis surat lamaran kerja:
-
Riset
Pelajari industrinya, perusahaannya, dan pahami deskripsi pekerjaannya dengan tepat. Apa tujuannya? Jadi ketika menulis surat lamaran pekerjaan, benar-benar (tsaaaah) terjaga.
Jika bisa, cari tahu di sini, serta apa nama unit SDM di perusahaan tersebut? Ada yang menyebutnya manpower, human operations, human capital management, dan sebagainya. Ini sangat penting untuk melengkapi surat lamaran terlebih dahulu.
-
Mulai surat lamaran kerja Anda dengan informasi kontak
Apa yang ada di dalam itu? Nama lengkap Anda, alamat (opsional) dan email. Anda dapat menempatkan bagian ini di bagian atas atau samping.
Di bagian Informasi Penerima, tulis bagian staf perusahaan yang Anda lamar dan alamatnya (alamat kantor).
Sebelum melanjutkan ke paragraf pertama, ucapkan salam kepada departemen sumber daya manusia yang Anda lamar. Misalnya, “Salam” atau “Nona tersayang …”
-
Tulis paragraf pertama, kedua dan ketiga
Jelaskan di paragraf pertama siapa Anda, posisi apa yang ingin Anda lamar, dari mana Anda mendapatkan lowongan dan mengapa Anda ingin melamar posisi tersebut.
-
Cobalah untuk tetap pada intinya
Di paragraf kedua, bicarakan latar belakang pendidikan Anda atau riwayat pekerjaan sebelumnya, pengalaman, pencapaian, kemampuan, dan hubungkan semua ini dengan tempat dan perusahaan Anda.
Sekarang, di paragraf ketiga, tuliskan alasan mengapa Anda ingin bekerja di sana dan apa yang ingin Anda lakukan untuk perusahaan yang Anda pertimbangkan.
-
Tulis Penutup
Tutup surat lamaran Anda dengan paragraf penutup. Di sini, Anda dapat mentransfer CV Anda tanpa melampirkannya, lalu sampaikan harapan Anda untuk berdiskusi lebih lanjut dengan kesempatan ini dan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya!
Lengkapi surat Anda dengan tanda tangan dan nama lengkap Anda, seperti “Salam hormat” atau “Warm regards” atau “Sincerely” dalam bahasa Inggris.
Nah itulah pembahasan infokerja tentang langkah langkah menulis surat yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat